SIKAPI KONDISI EKSISTING INDUSTRI PERHANAN NASIONAL PUSTEKHAN ITB GELAR SEMINAR
2 mins read

SIKAPI KONDISI EKSISTING INDUSTRI PERHANAN NASIONAL PUSTEKHAN ITB GELAR SEMINAR

Jurnalis.or.id – Kota Bandung, Guna mewujudkan Tridarma perguruan tinggi dan menyikapi kondisi eksisting serta tren Industri Pertahanan Nasional Institut Teknologi Bandung atau ITB melalui pusat teknologi pertahanan dan keamanan atau pustekhan menggelar seminar Industri Pertahanan Nasional tahun 2023 mengangkat tema membangun kemandirian Industri Pertahanan Nasional melalui optimalisasi kegiatan inovasi riset peningkatan TKDN dan pengembangan berbasis inten jurnal aset.

Acara ini diharapkan dapat menginisiasi kerja sama lebih lanjut untuk memperkuat Industri Pertahanan khususnya di bidang research.

“Hari ini karena kami di ITB ada pusat teknologi pertahanan dan keamanan, dan memang tujuan utama dari pusat pertahanan keamanan ITB itu adalah utamanya berupaya untuk menjadi bagian dalam mewujudkan ekosistem pengembangan teknologi dan Industri Pertahanan Nasional, posisi seminar ini adalah menghidupkan, menghidupkan diskusi-diskusi tentang hal-hal penting bagaimana mewujudkan kemandirian teknologi tentang keamanan sehingga tentu harapannya acara-acara seperti ini tidak harus seminar tapi justru lebih penting adalah bagaimana tindak lanjut jadi seminar ini adalah sarana bagaimana kita berkumpul kemudian mencurahkan berbagai macam ide dan diharapkan ide-ide itu kemudian bisa ditindak lanjuti jadi itu kurang lebih harapan konkret dari acara-acara seperti ini .”Ujar Ir. Djarot Widagdo , Ph.D selaku Kepala Pusat Teknologi Pertahanan Dan Keamanan ITB.

Acara yang di gelar pada hari Senin tanggal 20 November 2023 ini menghadirkan sejumlah tokoh diantaranya direktur teknologi dan Industri Pertahanan Kementerian Pertahanan direktur operasional PT Len Industri koordinator riset dan teknologi pustekhan ITB serta para pemangku kepentingan terkait.

“Langkah bagus ya kalau pun hanya sekedar seminar mudah-mudahan bisa menginisiasi kerja sama lebih lanjut ya untuk memperkuat Industri Pertahanan kita gitu ya khususnya memang dibidang riset ya, nah seperti tadi saya sampaikan bahwa riset ini harus betul-betul menghasilkan sesuatu yang baru ya dari keilmuan sebagai nilai tambah sehingga kita punya daya saing atau kompetitif, ini kan tidak perlu muluk-muluk dulu deh gitu ya kita memperkuat kerja sama dan mendorong apa-apa yang sudah bisa di hilirkanlah begitu dari riset-riset yang sudah ada di ITB.”Ujar Prof. Ir. I Gede Wenten,M.Sc., Ph.D selaku Warel Bid. riset dan Inovasi ITB.

Acara yang digelar di Aula Barat ITB Jalan Ganesa nomor 10 Kota Bandung ini diharapkan menjadi sarana untuk berkumpul dan ditindak lanjuti serta menjadi bagian dalam ekosistem pengembangan teknologi dan Industri Pertahanan Nasional.

Tonton via youtube

Tonton via vidio.com