REKOR DUNIA RHR DAN ORI GOLOK TERPANJANG DIPECAHKAN DI SUBANG, JAWA BARAT
3 mins read

REKOR DUNIA RHR DAN ORI GOLOK TERPANJANG DIPECAHKAN DI SUBANG, JAWA BARAT

jurnalis.or.id – Kab. Subang, Sebagai salah satu lembaga pencatat rekor dunia. Record Holders Republic atau RHR yang berpusat di Amerika Serikat, dengan resmi mencatat 3 rekor dunia di Desa Cibeureum, Tanjungsiang Subang Jawa Barat. Acara ini digagas oleh kelompok penggerak pariwisata atau Kompepar Kab. Subang dalam rangka memperingati hari parwisata dunia. Acara yang diadakan pada Rabu, 27 September 2017 ini dihadiri oleh para Muspida Kab. Subang. Terlihat Bupati Subang, Kapolres, Dandim dan Pejabat Dinas di lingkungan pempark Subang. Rekor dunia RHR pertama yang dipecahkan yakni golok terpanjang, dengan panjang 12,6 meter. Golok terpanjang ini bernama asli golok Barlen khas Subang, dibuat oleh 500 orang warga Desa Cibuereum yang merupakan pengrajin golok dengan cara swadaya dan bekerja sama selama 5 hari 5 malam. Berbahan baja yang merupakan bahan turun-temurun dengan usia lebih dari 100 tahun. Selain itu rekor golok terpanjang ini juga mendapat pengakuan Rekor Indonesia dari Original Rekor Indonesia atau ORI dengan kategori unik dan terbesar.

“Pada hari ini tanggal 27 September 2017. Telah terjadi sebuah sejarah baru untuk Kota Subang khususnya di Desa Cibeureum yaitu golok terpanjang di Indonesia, bahkan apresiasi ini diberikan juga oleh dunia. Harapan kami mudah-mudahan dengan adanya apresiasi golok terpanjang ini khususnya serta produksi yang ada disini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.” Ujar Agung Elvianto selaku Presiden Original Rekor Indonesia.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan bangga selamat kepada Pak Taufik juga, dan semua karena ini juga berkat semua pemerintahan Kec. Pusatpora yang mana hari ini telah kita mendapat Original Rekor Indonesia mengenai golok terpanjang se-dunia.” Ujar Imas Aryumningsih selaku Bupati Subang

Selanjutnya RHR juga menganugrahkan rekor berguling diatas duri salak sepanjang 100 meter. Dengan waktu 1 menit 30 detik, dan yang ketiga rekor dunia berhasil dipecahkan oleh seorang wanita dengan menarik mobil menggunakan gigi dalam waktu 1 menit 15 detik.

“Ini rekor yang sangat menakjubkan dalam 1 hari kita bisa mendapatkan 3 rekor sekaligus, untuk Record Holders Republic yang berpusat di Amerika. Selamat untuk para kreator dan semoga jaya untuk Subang semakin kreatif berkarya apalagi untuk goloknya. Produksi kreatif golok yang sangat wonderful sekali untuk di kembangkan lagi, dan mohon dukungannya untuk masyarakat Subang selanjutnya, untuk memberikan lebih-lebih lagi prestasi kedepannya untuk mengangkat nama Subang khususnya untuk Indonesia dimata dunia terima kasih.” Ujar Lia Mutisari selaku Adjudicator RHR Indonesia (Bandung).

“Mudah-mudahan kedepannya khususnya untuk UMKM atau para perajin, juga para seniman-seniman juga terus para ahli kuliner yang khas Subang khususnya lebih diperhatikan. Karena dengan prestasi ini mudah-mudahan menjadi tolak ukur kedepannya khususnya untuk rakyat Subang untuk lebih berkembang.” Ujar Taufik Hidayat selaku Kreator Rekor Dunia RHR dan Indonesia(ORI)/Ketua Pelaksana

“Sangat bangga dan terharu sebab ingat perjuangannya cuman dari waktu 5 hari dapat membuktikan golok ini. Jadi kami merasa bangga dan terharu dan mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara kami.” Ujar Sukara selaku Tokoh Adat

Diharapkan dengan terpecahkannya rekor dunia dan terselenggaranya acara ini, dapat meningkatkannya lagi industri UMKM di Indonesia khusus nya di Kab. Subang. Dan mengharumkan industri golok ketingkat dunia serta semoga golok menjadi kekayaan budaya yang dapat di wariskan, khusus nya kepada generasi muda dan dijadikan sebagai salah satu warisan budaya Indonesia.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube