RATUSAN WARGA BATUNUNGGAL TERBANTU DENGAN PROGAM MEPELING
2 mins read

RATUSAN WARGA BATUNUNGGAL TERBANTU DENGAN PROGAM MEPELING

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Kecamatan Batununggal dan Disdukcapil Kota Bandung mengadakan program mepeling bagi Kecamatan Batununggal yang berlangsung pada Selasa 29 Agustus 2017. Mepeling atau Memberikan Pelayanan Keliling merupakan program yang diperuntukkan kepada seluruh warga Kota Bandung untuk mempermudah proses pembuatan dokumen kependudukan seperti, akta kelahiran, akta kematian, surat penggantian nama, ktp, kartu keluarga, dan, beberapa dokumen lainnya.

“Kalau dateng kita ke Disdukcapil sendiri ngantrinya lebih banyak terus jangka jadinya jugakan lama banget katanya makanya kalau gitu sih lebih bagus sih diadain saja per Kecamatan.” Ujar Novi Herdiani selaku Warga.

Dalam program yang baru dijalankan pada Bulan Maret 2017 lalu ini sangat memprioritaskan pembuatan akta kelahiran bagi anak-anak yang berusia 0 samapai 18 tahun. Selain itu setiap warga dapat membuat dokumen-dokumen kependudukan secara gratis pada program yang dilakukan setiap tiga kali dalam satu Minggu ini yaitu pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

“Kalau mepeling ini untuk mempersingkat waktu, khususnya untuk bagi warga Kecamatan Batununggal khusus yang belum mempunyai akta kelahiran dari usia 0 bulan sampai usia 18 tahun, ini yang ke dua kalinya di Kecamatan Batununggal kebetulan dari 30 Kecamatan dari se-Kota Bandung ada 3 mobil mepeling yang keliling khusus ke tiap Kecamatan-kecamatan.” Ujar Dedi Supardi selaku pelaksana mapeling Disdukcapil Kota Bandung.

Di Kecamatan Batununggal sendiri program mepeling ini disosialisasikan melalui setiap kelurahan dimana setiap warga yang akan membuat dokumen kependudukan dapat langsung datang ke kantor Kecamatan Batununggal dengan membawa beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Dalam Minggu ini akan disediakan kuota sebanyak 300 pembuatan dokumen dengan dua mobil mepeling yang terparkir di area kecamatan untuk warga yang ada di 8 kelurahan se-Kecamatan Batununggal.

“Program mepeling itu sangat membantu warga masyarakat untuk mendapatkan akta kelahiran, dimana akta kelahiran itu sangat diperlukan untuk ke sekolah, untuk imigrasi, dan lain-lain.” Ujar Pepen Ruspendi, S.E selaku Kasie, Pemerintahan Kec. Batununggal.

Dalam Minggu ini akan disediakan kuota sebanyak 300 pembuatan dokumen dengan dua mobil mepeling yang terparkir di area kecamatan untuk warga yang ada di 8 kelurahan se-Kecamatan Batununggal. Diharapkan dengan adanya program ini seluruh warga Kota Bandung khususnya yang berada di Kecamatan Batununggal dapat membuat dokumen kependudukan secara lebih cepat dan mudah.

Tonton via vidio.com

https://www.vidio.com/watch/836524?utm_source=embed&utm_medium=ContentTitle

Tonton via youtube