MUKER PMI JABAR KONSISTEN JALANKAN PRINSIP KEPALANG MERAHAN , ATALIA APRESIASI PMI JABAR
4 mins read

MUKER PMI JABAR KONSISTEN JALANKAN PRINSIP KEPALANG MERAHAN , ATALIA APRESIASI PMI JABAR

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Sebagai organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Barat mengadakan musyawarah kerja PMI Jawa Barat tahun 2023. Musyawarah kerja merupakan wadah yang memiliki kewenangan tertinggi untuk menentukan langkah suatu organisasi, kegiatan yang di adakan Kamis 7 September 2023 ini dihadiri oleh Ketua Bidang Organisasi PMI pusat, Ketua Dewan Kehormatan PMI Jabar dan seluruh pengurus PMI kota dan kabupaten se-Jawa Barat serta para stakeholder terkait. Dalam kesempatan musyawarah kerja ini PMI pusat berterima kasih kepada PMI Jawa Barat yang telah konsisten menjalankan prinsip kepalangmerahan dan menjalankan tugas-tugas kemanusiaan.

“Prinsip organisasi di palang merah itu mengacu pada benchmark global ya kemanusiaan itulah menjadi yang kita bergerak untuk membantu sesama prinsip kemanusiaan ini ditopang oleh hal lain ya, prinsip yang kita kenal sebagai netrality jadi kita tidak boleh membawa PMI ini pada orientasi menolong karena ada kepentingan politik, kepentingan agama, kepentingan bersifat ber-medialisme lainnya ya jadi harus netral, kemudian dalam konteks yang lebih praktis lagi ada yang namanya impartiality jadi PMI jangan imparsial tidak berpihak pada golongan manapun termasuk partai politik manapun ini penting kami ingatkan. Nah yang ke-5 adalah voluntary service jadi service memberikan pelayanan dengan kesukarelaan inilah yang menjadi dasar gerakan ya disini munculah relawan-relawan karena memang niatnya ikhlas untuk membantu sesama, dan diluar itu dalam konteks global kita kenal sebagai unity jadi di 1 negara itu hanya 1 gerakan kepalangmerahan yang menganut prinsip terakhir universality bersifat kesemestaan, kami berterima kasih PMI Jawa Barat sudah sangat konsisten menjalankan prinsip ini nah tugas-tugas kemanusiaan yang luar biasa.” Ujar Prof. Dr. dr. Fachmi Idris, M. Kes selaku Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat.

Ketua Dewan Kehormatan PMI Jawa Barat mengapresiasi PMI Jawa Barat atas kinerjanya sebagai garda terdepan dalam kebencanaan lebih lanjut pihaknya memberikan semangat untuk sahabat PMI.

“Yang pertama saya berikan apresiasi karena sejauh mata memandang setiap ada kegiatan kebencanaan atau apapun itu PMI selalu menjadi garda terdepan gitu ya dan sangat diperlukan sekali dan di rindukan masyarakat ketika mereka membutuhkan bantuan gitu. Ini adalah perbedaan antara cinta dan kebaikan gitu ya, kalau cinta itu bisa hilang dan berganti tapi kebaikan itu akan selalu ada dan tidak akan pernah menepi jadi artinya bahwa sahabat-sahabat PMI dimanapun berada tetaplah bersemangat menebar kebaikan karena tentu itulah yang akan kembali dicatat sebagai kebaikan amal ibadah kita yang akan mengindahkan kehidupan kita nantinya.” Ujar Atalia Praratya Kamil, S.Ip., M. Ikom selaku Ketua Dewan Kehormatan PMI Provinsi Jawa Barat.

Acara yang mengusung tema (Memantapkan komitmen pelayanan gerakan kemanusiaan untuk Jawa Barat juara lahir batin) ini berlangsung di The Jayakarta Suites Bandung.

“Poin penting yang kita laksanakan 1 evaluasi tentang apa yang sudah dilaksanakan oleh seluruh jajaran, 2 menyusun program berikutnya dengan catatan 3 yang harus di perhatikan apakah organisasi ini mau maju, mau tetap atau turun. Tapi kita usahakan semuanya harus maju semua kompak untuk mencoba melaksanakan sesuai perintah Allah hari ini harus lebih baik dari kemarin supaya apapun yang dikerjakan oleh PMI itu mendapat ridho Allah dan memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara dan alam semesta ini.” Ujar Irjen Pol (P). Drs. H. Adang Rochjana. selaku Ketua PMI Provinsi Jawa Barat.

“Kita mengevaluasi apasih yang sudah kita kerjakan semester 1 ini, karena yang saya rasakan khususnya kemarin menanggulani ya bahaya kekeringan El Nino itu betul-betul responsif dan PMI ini harus siap siaga dengan kekuatan relawan yang memang cukup banyak di Jawa Barat ini. Tentunya dibidang kemanusiaan ini sekali lagi kembali kepada kita yang ikhlas, ikhlas dalam memilih yang terbaik upaya-upaya kita selalu koordinasi, kita selalu komunikasi, kita selalu menerima aspirasi dari bawah dan kita menyampaikan hasil-hasil musyawarah kerja nasional dan beberapa proses pemberhasil evaluasi kita sampaikan secara terbuka insyaAllah ini akan menjadi yang terbaik.” Ujar Kombes Pol (P). H. Ruhanda., SE., M.Si selaku Wakil Ketua PMI Provinsi Jawa Barat.

Acara musyawarah kerja-pun berlangsung secara kondusif dan diakhiri dengan pembacaan berita acara hasil kesepakatan PMI Provinsi Jawa Barat dengan PMI kabupaten kota se-Jawa Barat serta di sah kan langsung oleh Ketua PMI Jawa Barat dan Ketua atau Perwakilan PMI kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube