GUNA TINGKATKAN KAPASITAS TUGAS DAN FUNGSI RW, KEC BATUNUNGGAL GELAR RAPAT KOORDINASI RW
3 mins read

GUNA TINGKATKAN KAPASITAS TUGAS DAN FUNGSI RW, KEC BATUNUNGGAL GELAR RAPAT KOORDINASI RW

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Dalam rangka meningkatkan kapasitas tugas dan fungsi rukun warga dalam mewujudkan Batununggal berani menuju Bandung semakin juara, Kec. Batununggal menggelar rapat koordinasi pengurus RW. Acara yang diikuti oleh 83 ketua RW se-Kecamatan Batununggal ini juga dihadiri oleh unsur 3 pilar, yakni Camat Batununggal, Kapolsek Batununggal, Danramil Kiara Condong Batununggal dan Kasat Binmas Polrestabes Bandung. Acara yang juga dalam rangka silaturahmi para ketua RW dengan Camat Batununggal yang baru, Camat Batununggal Drs. Tarya yang menitik beratkan acara ini agar ada kesepahaman dari semua lembaga dan ketua RW se-Kecamatan Batununggal. Lebih lanjut pihaknya menginginkan agar semua pengurus RW dan masyarakat dapat terlibat dalam Program Inofasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan atau PIPPK.

“Ya kita ingin ada kesepahaman semuanya dari semua lembaga ketua RW se-Kecamatan Batununggal ini, jadi dibahas juga akan banyak hal lebih banyak masalah keamanan dan ketertiban juga masalah-masalah tugas dan juga program dalam Kota Bandung, diantaranya masalah PIPPK dan sebagainya kita ingin semua bisa melaksanakan sesuai dengan atau yang adanya, seperti hal tadi testimoni dari kel. Malayaran Cibang tuh udah cukup bagus, jadi PIPPK itu betul-betul pemberdayaan kemasyarakat atau kewilayahan, jadi keterlibatan semua pengurus RW dan masyarakat juga terlibat di dalamnya.” Ujar Drs. Tarya selaku Camat Batununggal.

Sementara itu Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP. S. Hermansyah menuturkan bahwa ketua RW adalah mitra pemerintah dan kepolisian, untuk membangun kesadaran dan berpartisipasi memelihara Harkamtibmas di Kota Bandung.

“Kegiatan hari ini kita sampaikan kepada ketua RW karena ketua RW ini adalah pejabat pemerintah ditingkat bawah, mereka adalah mitra pemerintah dan mitra kepolisian, untuk bagaimana antisipasi supaya Harkatbinmas di Kota Bandung tetap kondusif, jadi caranya adalah membangun kesadaran dan antisipasi masyarakat dalam Harkatbinmas Kota Bandung melalui kegiatan-kegiatan yang positif untuk Karang Taruna, untuk anak-anak remaja sehingga kegiatan ini tentunya akan menambah suatu sikap tibmas di Kota Bandung dengan aman dan damai.” Ujar AKBP. S. Hermansyah selaku Kasat Binmas Polrestabes Bandung.

“Jadi alhamdulillah pada malam ini saya bisa mngumpulkan para RW se-Kecamatan Batununggal dimana kita menghadapi untuk tanggal 20 antisipasi dengan adanya unjuk rasa yang mengarah ke radikalisme, dimana mungkin nanti penghimbauan dari pada RW ke RT keluarga masyarakatnya untuk tidak ikut turun kejalan, arti kata unjuk rasa apalagi dengan kelompok anarko. Saya menghimbau ke warga khususnya Batununggal ini tidak harus jangan sekali kali ikut campur urusan unjuk rasa, sudahlah biarin ada yang mengatur untuk kepemerintahan kita menghimbau biar kondusif Kota Bandung ini berjalan lancar.” Ujar Iptu. Asep Supriadi selaku Kapolsek Batununggal.

Kasubbag bina kewilayahan bagian pemerintahan pada Setda Kota Bandung Tatang Hamdani mengungkapkan bangga dengan adanya kelompok masyarakat atau Pokmas diwilayah Kec. Batununggal, lebih lanjut pihaknya berharap bisa menjadi percontohan positif bagi kewilayahan lain.

“Saya dari bagian pemerintahan jujur barangkali ada kesempatan ini, termasuk bangga bahwa dibatununggal juga ternyata sudah mulai ada kelompok masyarakat terkait dengan pengelolahan program PIPPK, kita memanng program pippk sudah sekian tahun berjalan, mungkin baru 2 tahun ini, kita berupaya minimal setidaknya ada percontohan yang sudah dilakukan dengan mekanisme pengelolahan sekelompok pokmas, karena tujuannya tentunya pippk ini kan sebesar besarnya untuk berpedayaan masyarakat tapi itupun sangat tergantung, tapi tentunya harapan kami keperadaan pokmas ini juga bisa menularkan sebagian positif, tidak hanya di Batununggal juga ke kelurahan-kelurahan yang lain.” Ujar Tatang hamdani, M.PA selaku Kasubbag. Bina wilayah, Bag. Pemerintahan, Setda Kota Bandung.

Kegiatan yang di gelar pada Jumat malam 11 Oktober 2019 ini di laksanakan di aula kantor di Kecamatan Batununggal Jl. Venus No.6 Kota Bandung.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube