UNIKNYA GURAME COBEK PERPADUAN TRADISIONAL MODERN DI BANDUNG BANYAK DIMINATI
3 mins read

UNIKNYA GURAME COBEK PERPADUAN TRADISIONAL MODERN DI BANDUNG BANYAK DIMINATI

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Ikan memang menjadi salah satu menu yang diburu penikmat kuliner, karena mengandung banyak protein dan zat lain yang baik bagi tubuh manusia, namun sebuah restoran di kawasan Pasteur di kota Bandung, Jawa Barat.

Memiliki konsep berbeda dalam menyajikan menu ikan Gurame, karena menggunakan sambal cobek terbuat dari bahan rempah, serta perpaduan tradisional modern yang tentunya memiliki sensasi unik dan rasa yang lezat.

Untuk membuatnya, pertama siapkan ikan Gurame segar yang telah dipotong dan dibersihkan, serta sejumlah bahan-bahan rempah seperti cabai rawit merah, jeruk nipis dan jeruk lemon, tomat, bawang merah, garam serta gula pasir. Bahan-bahan tersebut kemudian diulek menggunakan cobek sehingga terkesan tradisional dan memiliki rasa yang khas.

Jika sudah membuat sambal cobek, tahap berikutnya adalah menggoreng ikan, namun sebelum digoreng ikan yang telah dipotong dan dibersihkan dilumuri perasan air jeruk lemon, agar aroma amis ikan bisa hilang. Sambal cobek kemudian dimasak hingga matang secukupnya, lalu tuangkan diatas ikan gurame goreng, menu ikan gurame cobek pun siap disajikan dan disantap.

Selain bisa disantap dengan sambal cobek berbahan rempah, Gurame goreng ini juga menjadi lebih nikmat, jika disantap bersamaan dengan hidangan khas sunda yang lainnya seperti tumis genjer, kangkung serta karedok.

Gurame sambal Cobek yang disajikan memang tidak terlalu pedas, sehingga sangat cocok bagi yang tidak terlalu suka pedas, namun jika anda merasa pedas jangan khawatir, karena tersedia juga minuman es cincau hijau, minuman khas Parahyangan yang bisa menetralisirnya.

“Barusan saya sudah menyantap ikan Gurame Cobek, ada karedok juga dan disini ada udang, itu perpaduan yang enak banget ditambah Gurame Cobek ini, bumbunya itu rempah-rempahnya selain lezat dan enak tentunya baik untuk kesehatan kita.” Ujar Risma Aulia Khoriatul Zahra selaku Penikmat Kuliner.

“Dimenu Gurame Cobek ini memang mempunyai sensasi yang sangat enak tapi terlalu pedas, jadi masih cocok dilidah orang-orang yang memang tidak terlalu suka pedas. dan terlebihnya kalau kita bicara makanan pedas, udah paling cocok minumnya es cincau, selain emang segar es cincau ini bisa menetralisir pedas, plus buat yang suka sedikit gampang sakit perut, udah paling cocok es cincau.” Ujar Canigia Syanaralazi selaku Penikmat Kuliner.

Menurut Manajer Restoran Raja Sunda, gurame cobek yang disajikan merupakan salah satu menu baru dan menjadi andalan memiliki konsep sajian yang unik serta cita rasa yang lezat membuat menu tersebut banyak diburu para penikmat kuliner.

“Gurame Cobek memang salah satu ini memang andalan kami, dibanding dengan Gurame-Gurame yang lain mungkin ini yang lebih favorit disini karena kami racik dengan rempah-rempah, ini cocok sebenarnya makan siang, makan malam, kemudian kami cocok dengan menu-menu tradisional juga, ada tumis genjer, karedok. Untuk dessert kami sediakan .beberapa macam minuman, tapi salah satu andalan juga yaitu es cincau hijau.” Ujar Amir Lili selaku Manajer Raja Sunda.

Bagi anda yang kebetulan sedang jalan-jalan dikawasan Bandung, dan ingin merasakan sensasi berbeda menu ikan Gurame Cobek disini, cukup datang kesebuah restoran di kawasan Pasteur kota Bandung, dengan cukup merogoh kocek seratus ribu rupiah.

Tonton via Vidio.com

Tonton via Youtube