Tingkatkan Program Posyandu Pokjanal Posyandu Kecamatan Batununggal Gelar Rapat Evaluasi
3 mins read

Tingkatkan Program Posyandu Pokjanal Posyandu Kecamatan Batununggal Gelar Rapat Evaluasi

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Kecamatan Batununggal menggelar rapat evaluasi terhadap pembinaan Posyandu se-Kecamatan Batununggal serta sosialisasi program Kang Pisman dan Bank Sampah. Bertepat Rabu 12 Desember 2018, rapat evaluasi Pokjanal Posyandu ini dihadiri oleh Camat Batununggal, Ketua tim penggerak PKK, para Sekertaris Lurah, Ketua Pokjanal dan 110 Ketua Kader Posyandu di 8 kelurahan se-Kecamatan Batununggal. Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Batununggal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Kader dan kinerja program Posyandu yang ada di kelurahan sepanjang tahun 2018 untuk dapat menjadi program kerja tahun 2019.

“Tim Pokjanal pembinaan Posyandu Kecamatan Batununggal hari ini menyelenggarakan evaluasi Posyandu dan sosialisasi program Kang Pisman dan Bank Sampah yang akan disampaikan atau yang sedang disampaikan kepada 110 Ketua Posyandu se-Kecamatan Batununggal. Harapan hari ini dari hasil evaluasi kita akan mengetahui jumlah Kader minimal 8 ya, 8 jumlah Kader kita akan evaluasi dari 110 itu berapa yang sudah 8, berapa yang belum itu yang akan kita jadikan program kerja di tahun 2019. Kemudian 9 kriteria yang tadi disampaikan oleh pak camat juga menjadi bahan evaluasi kami di hari ini, seluruh Ketua Posyandu nya hadir agar mereka mengetahui mereka itu ada distrata mana, gitu kan. Sehingga di tahun 2019 wajib meningkat dari stratanya yang hari ini berdasarkan hasil evaluasi dan kami pun mendukung program Kang Pisman yang dicanangkan oleh bapak Walikota Bandung dan pak Wakil Walikota Bandung. Bahwa, kami Kader Posyandu se-Kecamatan Batununggal siap mendukung program Kang Pisman dan siap membentuk Bank Sampah untuk dana sehat di Posyandu se-kecamatan.” Ujar Rahmawati Mulia, M.SI selaku Ketua Pokjanal Posyandu Kecamatan Batununggal.

Materi evaluasi Pokjanal yang disampaikan ini diantaranya 9 indikator peningkatan strata Posyandu meliputi jumlah kader, waktu penimbangan, cakupan partisipasi masyarakat atau D/S, cakupan KB, program Kesehatan Ibu dan Anak/ KIA, imunisasi, program cakupan KB, penanggulangan pencegahan diare atau P2D, serta adanya program integrasi Posyandu seperti, Pos Paud, Tribina dan dana sehat. Rapat evaluasi Pokjanal Posyandu se-Kecamatan Batununggal ini juga sekaligus sebagai sosialisasi program Kang Pisman dan Bank Sampah untuk mendukung program pemerintah Kota Bandung.

“Jadi, hari ini di Kecamatan Batununggal ada kegiatan evaluasi Posyandu yang dilaksanakan oleh Tim Pokjanal kecamatan. Nah, dalam evaluasi ini tentunya kita akan melihat dari 110 Posyandu yang ada di Kec. Batununggal ini mereka tuh sudah sampai sejauh mana. Dilihat dari 9 kriteria Posyandu nanti apakah kedudukan dari Posyandu yang ada ini sudah naik kelas atau tidak. Apakah misalnya masih dari pratama ataupun sudah ke mandiri, nah ini tentunya kita akan evaluasi dan diharapkan tiap tahun itu meningkat. Ketika Posyandu nya itu meningkat insyaAllah program-program yang dirasakan oleh masyarakat itu sendiri akan meningkat misalnya saja didalam Posyandu itu ada dana sehat, dana sehat ini kebetulan sekarang ada program yang luar biasa di Kota Bandung misalnya program Kang Pisman dan Bank Sampah. Ini kesempatan bagus untuk Posyandu untuk memanfaatkan kadar-kadarnya misalnya bisa memilah, selain memilah itu juga nanti dilihat mana yang masih bernilai ekonomis dan tidak sampahnya itu dan nanti Posyandu itu bisa juga dipakai programnya itu salah satunya untuk dana sehat. Di lain pihak nanti juga ada Bank Sampah, nah yang memang insyaAllah untuk di Kec. Batununggal tiap RW itu harus ada Bank Sampah termasuk juga Posyandu. Jadi, alhamdulillah program hari ini begitu sukses mayoritas seluruh Posyandu dari kelurahan hadir semua ya, dan insyaAllah hasil evaluasi ini akan dijadikan program perencanaan bagi kegiatan 2019.” Ujar Dr. Enjang Mulyana, M.Si selaku Camat Batununggal.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan Pokjanal serta para karir Posyandu di Kecamatan Batununggal dapat lebih meningkat serta berinovasi dalam menjalankan program-program Posyandu kedepannya.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube