PKBM BINA BANGSA BERKARAKTER LAHIRKAN WISUDAWAN PAKET KESETARAAN HINGGA BEASISWA KE UKRI
4 mins read

PKBM BINA BANGSA BERKARAKTER LAHIRKAN WISUDAWAN PAKET KESETARAAN HINGGA BEASISWA KE UKRI

jurnalis.or.id – Kabupaten Bandung Barat, Resmi di wisuda sejumlah peserta didik dari Pusat Kegiatan Pelajar Masyarakat atau PKBM Bina Bangsa Berkarakter Kabupaten Bandung Barat mendapatkan ijasah acara hari jadi PKBM Bina Bangsa Berkarakter yang ke 12 tahun ini di laksanakan di Saung Makan Tiem T Kabupaten Bandung Barat, puluhan peserta didik mengikuti posesi pekukuhan wisudawan dan wisudawati angkatan 18 dari mulai jenjang paket a samapi sekolah dasar paket b dan jenjang paket c setara SMA.

”Hari ini adalah kegiatan Ulang Tahun PKBM Bina Bangsa Berkarakter yang 12, pembagian ijasah untuk para siswa yang baru lulus di sekolah kami karena PKBM Bina Bangsa Berkarakter membuka Sekolah Non Formal program kesetaraan sekolah kami adalah sekolah tanpa biaya sehingga anak-anak saya bawa kesini sampai bagi rezeki untuk makan bersama untuk perayaan ulang tahun dan pembagian ijasah juga dan kelasnya itu. Murid kami sebetulnya terdaptar ada 75 mahasisawa tapi mereka yang melaksanakn wisuda juga pembagian sosial ini kami sangat ketat untuk mengkoreksinya mereka dari kelas 10 dan kelas 12 selama 3 tahun tidak pernah boros itu satu contoh buat motivasi mereka keterampilan kami menitip keimanan, jujur tanggung jawab, etos kerja yang tinggi PKBM Bina Bangsa Berkarya Berkarakter telah bekerjasama yang pertama itu kami mendapat jsl dari pln Jabar berupa bantuan komputer 20 unit, kemudian bantuan gedung keterampilan itu sangat bagus bagi kami kemudian dai UPJK Cimahi memberi beasiswa 3 bulan sekali kepada sekolah kami kami bekerja sama dengan universitas kebangsaan yang selama ini elalu menerima urusan dari sekolah kami dan menggunakan KIP kuliah, setelah itu kami bekerja sama dengan PT. Mitra Alam memproduksi minuman kemasan mineral .”Ujar Dra. Rosani Pudjianti, M.Pd. selaku Pendiri Kepala Sekolah karena PKBM Bina Bangsa Berkarakter.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Ketua Program Studi Teknik Industri Universitas Kebangsaan Republik Indonesia pendidikan non formal wilayah Cisarua dan Prongpong Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat dan tamu undangan ini berlangsung pada minggu pagi 10 September 2023

”Sejak tahun 2001 berhubung mahasiswa dari Ibu Rosani itu ada yang sudah masuk ke jurusan Teknik Industri ada 1 orang dari tahun 2001 setelah itu berlanjut di tahun 2022 ada satu orang juga mahasiswa yang masuk ke prodi saya prodi Teknik Industri dan terahir itu ada sejitar 5 orang anak tahun ini telah masuk ke program studi teknik ini ilmu yang kami berikan itu bisa di serap dan nanti akan di aflikasikan diluar untuk mendapatkan pekerja itu untuk lebih banyak karena ilmu yang mereka dapatkan itu bisa lebih di serap dan mereka bisa di aplikasikan di luar sana .”Lisa Herlina selaku Ketua Program Studi Teknik Industri { Universitas Kebangsaan Republik Indonesia }.

”Khusunya di Bina Bangsa Berkarakter ini memang satuan projekan Non Formal yang memang cara mendapatkan cara pendidikan salah satunya ini adalah kegiatan dari tanda kelulusan, disini lebih menekunkan pada karakteristik termauk misalkan kegiatan ke agamaan dan moral. PKBM Bina Bangsa Berkarakter ini termasuk istilahnya bagus di dalam melaksanakan terutama KBM nya .”Ujar Deni Saepulohrohman selaku Pemilik Pendidikan Non Formal Kec. Cisarua dan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat.

”Para peserta didik yang mengikuti kesekolahan Non Formal tidak di bebankan biaya alias gratis selain itu para peserta didikpun di berikan sberapa jumlah fasilitas dan beasiswa.

” Saya rasa yang saya dapatkan hari ini adalah puncak dari perjuangan saya selama saya di didik dan di bingbing oleh para Guru Bina PKBN Berkarakter bahkan untuk memenuhi sebuah kewajiban dengan penuh semangat kita pun terbawa semangat Kota Banjar Jawa Barat ya adatang ke Bandung tiap Jumat Sabtu Minggu saya sekolah Bina Bngsa Berkater itu tidak hanya sekedar memeberikan ijasah tapi kita betul-betul mempertanyakan apa yang akan kita dapatkan nanti .”Ujar Daud Abdullah selaku Wisudawan Paket C.

”Dari awal saya masuk PKBM ini banyak pembelajaran yang saya dapat kemudian saya yang asalnya pemalu jadi berani, kemudian ada juga pembelajaran etika yang saya dapat yang bisa di terapkan di kehidupan sehari hari fasilitas yang kami dapat berupa beasiswa yang 3 bulan sekali kami dapat dari PLN kemudian ada bangunan, ada komputer sebanyak 20 unit dari Wid Jabar. Kemudian kemarin ada pelatihan dari roti, yougourt, ya semua terpakai dan dari sana kita bisa mengembangkan bakat kita masing-masing .”Ujar Asri Sundari selaku Peserta Didik Kelas 11 Pakaet C.

Tonton via Vidio.com

Tonton via Youtube