PERTAMA DAN BARU DI PON, PEMBUKAAN PON 2016, GELORA BANDUNG LAUTAN API, BANDUNG
2 mins read

PERTAMA DAN BARU DI PON, PEMBUKAAN PON 2016, GELORA BANDUNG LAUTAN API, BANDUNG

jurnalis.or.id – Kota Bandung, “Ya pemirsa saat ini detik-detik akan berlangsungnya upacara pembukaan PON 2016 yang akan langsung di pimpin oleh Presiden Joko Widodo dan begitu ketatnya keamanan yang dilakukan oleh Kepolisian, TNI dan Paspampres. Dapat pemirsa saksikan kemegahan panggung dari upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional ke-19 ini demikian informasi yang dapat saya sampaikan tetap junjung sportifitas, salam Polmastv.” Ujar Wilma Dwi selaku Reporter.

PON 2016 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Stadion Glora Bandung Lautan Api, acara pembukaan digelar mulai pukul 19.00 sampai pukul 23.00 WIB pengawalan ketat sangat terasa oleh personel gabungan dari Polri, TNI, Pol PP dan Dinastik. Acara dimulai dengan parade smoke kontinen dari 34 provinsi di Indonesia yang menjadi peserta Pekan Olahraga Nasional ke-19, kemudian dilanjutkan dengan berbagai tarian, nyanyian dan atraksi dari artis-artis yang memeriahkan acara tersebut, akhir puncak yakni upacara penyalaan api PON yang di estapetkan oleh 7 atlet legenda Indonesia. Kolderon api PON Jabar ini menggunakan teknologi hidrolik teleskopik dan masih jarang dipergunakan dalam prosesi serupa di ajang olahraga sebelumnya, obor api PON dibawa secara berantai oleh legendaris bulu tangkis Susi Susanti dan Taufik Hidayat kemudian Ano Suseno dan selanjutnya Resa Susianti, Lala sebagai pemegang obor terakhir kemudian melakukan penyulutan api ke sumbu yang telah di siapkan. Api PON sendiri di ambil dari sumber api abadi di Kec. Balongan, Kab. Indramayu yang diarak sejauh 1004,5 Km melintasi 27 kabupaten dan kota Jawa Barat selama 5 sampai 17 September 2016.

Megahnya acara dan banyaknya petinggi negeri yang hadir dalam acara tersebut membuat keamanan di area Stadion GBLA di perketat, hal ini terlihat dari banyaknya anggota Kepolisian, TNI dan Paspampres yang ikut serta dalam mengamankan acara ini khususnya jajaran Polrestabes Bandung dan Polda Jabar. Dalam pelaksanaan PON kali ini Jawa Barat menerjunkan 1.444 atlet yang terdiri dari 672 atlet putra dan 472 atlet putri yang akan mengikuti 57 cabang olahraga, seluruh kegiatan PON akan di gelar di 68 lokasi di 16 kabupaten dan kota di Jawa Barat, PON 2016 ini para atlet akan memperebutkan 2492 mendali, selamat bertanding dan tetap berjaya di tanah legenda.

“Karena tadi kita salah satunya adalah sukses prestasi maka kita harapkan seluruh masyarakat Jawa Barat memberikan dukungan support kepada atlet-atlet Jawa Barat yang sedang bertanding di 16 kabupaten-kota, mudah-mudahan dengan di berikan support oleh masyarakat maka kita bisa meraih prestasi puncak ya bukan hanya sekedar meraih juara umum tapi juga banyak rekor nya dipecahkan begitu sehingga meningkatkan prestasi olahraga nasional ya, mudah-mudahan bulan nanti sudah siap di sea games dan juga di asian games tahun 2018 ini adalah momentum untuk maju prestasi.” Ujar H. Deddy Mizwar selaku Wakil Gubernur Jawa Barat

“Itulah tadi laporan langsung dari Glora Bandung Lautan Api untuk informasi terbaru PON tetap saksikan di Ismartv dan Polmastv.” Ujar Wilma Dwi selaku Reporter.

Tonton via youtube