ORI CATAT REKOR KOLABORASI 203 TAHUN UJUNG BERUNG
2 mins read

ORI CATAT REKOR KOLABORASI 203 TAHUN UJUNG BERUNG

jurnalis.or.id – Kota Bandung, ORI (Original Rekor Indonesia) kembali mencatat rekor spektakuler pada gelar seni budaya buhun, masak kiban kabuyutan, pameran sejarah Ujung Berung 2.

“Pada hari ini 25 Agustus 2018, telah terjadi pemecahan rekor Original Rekor Indonesia untuk kolaborasi 20 komunitas +3 dalam waktu 203 detik, untuk memperingati ulang tahun Ujung Berung ke-203. Harapan kami setelah tercipta nya rekor ini kesenian tradisonal di Jawa barat khususnya di Ujung Berung akan mendapatkan ruang publik untuk bisa berekspresi, mengekpresikan seni dan budaya nya.” Ujar Nyimas Ayu Dewi Mayang Sari selaku tim Original Rekor Indonesia.

Bertepat Sabtu 25 Agustus 2018, acara yang merupakan peringatan hari ulang tahun Ujung Berung ke-203 ini, bertujuan untuk mengenalkan kembali sejarah Ujung Berung dan seni budaya sunda kepada generasi muda sebagai penerus bangsa seni dan budaya.

“Kegiatan seni budaya buhun ini kita lakukan yang ke-2 kali bersama komunitas, jadi kita ingin membangkitkan kembali nilai-nilai budaya tradisional seni yang lama khususnya kita terapkan dan kita berikan pembinaan kepada generasi muda. Tadi yang lebih utama mereka mengenal dulu tentang seni buhun, kemudian mereka mencintai dan kita harapkan mereka ya akan menjaga.” Ujar Anton Dumiarto selaku Ketua Ujung Berung kita/ Kreator rekor.

Acara yang berlangsung di alun-alun Ujung Berung ini juga dimeriahkan dengan penampilan ulin awi, karinding, buncis, beluk, reak, dogongan, seredan, tara wangsa, celempungan, benjang, serta penampilan para duta Original Rekor Indonesia.

“Jadi tujuannya yang utama adalah untuk melestarikan kebudaya tradisi kita, jadi kita kemas tradisi seni buhun ini dengan kemasan milenial artinya bisa di terima oleh generasi sekarang yang sangat memprihatinkan sudah terbawa, kebudayaan gadget segala macam. Mudah-mudahan dengan adanya gelar seni buhun ini bisa membangkitkan rasa ke ingin tau an anak-anak kita khususnya generasi yang akan datang untuk bisa melestarikan kebudayaan kita.” Ujar Mahi Drajat selaku Ketua Panitia.

Dalam gelaran budaya ini Ori mencatat rekor spektakuler kolaborasi 20 +3 komunitas dalam waktu 203 detik yang bertepatan dengan hari jadi Ujung Berung ke-203.

“Saya Puan Dara Insanul Kamil, Duta Original Rekor Indonesia warga dari Ujung Berung juga mengucapkan selamat ulang tahun untuk Ujung Berung yang ke-203, semoga Ujung Berung makin maju dan kebudayaan yang ada di Ujung Berung makin berkembang.” Ujar Puan Dara Insanul Kamil selaku duta Original Rekor Indonesia.

Dengan terciptanya rekor baru ini di harapkan kesenian tradisional di Jawa Barat mendapat ruang publik untuk mengapresiasikan seni dan budaya nya, dan menciptakan sinergitas seni budaya tradisi dan modern menjadi satu kesenian yang dapat dinikmati di kancah internasional.

Tonton via vidio.com 

Tonton via youtube