ORI CATAT 2 REKOR SANGKAR BURUNG DI SELAAWI,GARUT
2 mins read

ORI CATAT 2 REKOR SANGKAR BURUNG DI SELAAWI,GARUT

jurnalis.or.id – Kab. Garut, Bertepat Minggu 11 Desember 2016. Original Rekor Indonesia atau ORI mencatat rekor sangkar burung terbesar dan terpanjang, hasil karya pengrajin yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Pengrajin atau GAPOKJIN anyaman bambu, Kecamatan Selaawi Kab. Garut. Sangkar burung terbesar yang memiliki tinggi 7,25m lebar 5,25m dan diameter lingkaran 16m ini merupakan sangkar burung paling terbesar dan berhasil mencatat rekor.

“Pada hari ini tanggal 11 Desember 2016, telah terjadi sebuah pembuatan rekor yaitu sangkar burung terbesar dengan diameter 5 dan tinggi 7m. Untuk itu kami dari Original Rekor Indonesia memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut, harapan kami mudah-mudahan dengan adanya pembuatan ini akan merangkul para pengrajin ni, terutama di Desa Selaawi untuk bersatupadu mengedepankan atau untuk produksinya terutama produksi sangkar burung itu akan lebih di tonjolkan.” Ujar Agung Elvianto selaku Presiden Original Rekor Indonesia.

“Yang pemecahan rekor ini khususnya yang pengerajin sangkar burung ya, sang pengrajin sangkar burung ini. Kalo yang sangkar burung terbesar itu kurang lebih ada 70 orang yang tergabung di dalamnya gitu. Kemudian kalo yang sangkar burung terpanjang itu rangkaian ini cukup banyak, lebih dari 100 bahkan ada 150 orang.” Ujar Ridwan Efendi selaku Camat Selaawi, Kab. Garut.

Pembuatan sangkar burung terbesar ini memerlukan waktu 30 hari dengan melibatkan 20 orang pengrajin. Sangkar yang tingginya mencapai 7m lebih ini menghabiskan 203 batang bambu, pemecahan rekor ini juga bertepatan dengan hari Kecamatan Selaawi yang ke-33.

“Ada 7 kegiatan yang harus kami laksanakan, sekaligus ada beberapa kegiatan yang bersifat rekor baik secara rekor nasional ataupun rekor dunia.” Ujar Eki selaku Eksekutor/INK Productions.

“Tanggapan saya ini sangat bagus ya terutama untuk mewujudkan cita-cita kami. Bahwa pengrajin kami udah gede tapi kebesaran bener-bener di dapat, mudah-mudahan setelah kami mendapatkan pengakuan besaran kami dapat, sehingga kehidupan dari pada mereka sendiri lebih meningkat.” Ujar Yusuf selaku Pembina Gabungan Kelompok Pengrajin (GAPOKJIN) anyaman bambu.

Selain dari pemecahan rekor sangkar burung terbesar terpecah pula rekor ORI rangkaian sangkar burung terpanjang ya ini 2,75 km.

“Ada beberapa tema ukiran yang sudah menjadi tembak dunia. Kaya naga yang seperti itu jadi ada naga, ada burung, ada bunga, terus juga tergantung pemesanan dari costumer. Ada medianya kita ada combine sama kayu, ada yang pure dibantu, nah itu yang menentukan hari itu dari tingkat kerumitan direbut. Jadi naga semakin kecil atau warnanya semakin kecil itu semakin mahal harganya, karena semakin lama prosesnya.” Ujar Utang Mamad selaku Ketua Gabungan Kelompok Pengrajin (GAPOKJIN) anyaman bambu.

Setelah terciptanya rekor ini diharapakan bisa menjadi legenda dan dapat merangkul para pengrajin Kecamatan Selaawi Kab. Garut.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube