MAJUKAN UMKM BANDUNG RAYA DALAM DIGITALISASI, LABAMU GELAR PELATIHAN DAN PERMBERDAYAAN
3 mins read

MAJUKAN UMKM BANDUNG RAYA DALAM DIGITALISASI, LABAMU GELAR PELATIHAN DAN PERMBERDAYAAN

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Sebagai salah satu aplikasi yang membantu pelaku UMKM dalam pencatatan, pengelolaan dan pelaporan keuangan, promosi dan sumber daya manusia, Labamu yang merupakan aplikasi dari PT. Laba Kita Bersama mengadakan pelatihan dan pemberdayaan bagi UMKM. Kegiatan yang diadakan pada 7-10 Maret 2023 ini, dihadiri oleh para pelaku UMKM dari Jawa Barat khususnya Bandung Raya. Para peserta pelatihan dibekali sejumlah materi diantaranya terkait ketentuan Perpajakan bagi pelaku UMKM, lebih lanjut para peserta juga dibekali materi terkait berbagai fitur unggulan dan bagaimana mengoptimalkan penggunaan aplikasi Labamu dalam bisnis. Peserta juga akan memperoleh pengetahuan tentang strategi pemasaran digital, manajemen keuangan, dan strategi bisnis secara umum.

“Labamu adalah aplikasi pencatatan transaksi dan keuangan, jadi tujuan kami yaitu adalah memberikan dari Labamu pelatihan kepada para pelaku UMKM kami berdiri sejak Mei 2022 yang memang didiskasikan untuk UMKM. Harapannya dengan pelatihan pemberdayaan UMKM yang kami berikan pada pagi hari ini secara gratis, itu bisa meningkatkan perfom dari para pelaku UMKM yang hadir sebagai para peserta karena para pelaku UMKM yang diharapkan pemerintah kita untuk digital itu bisa benar-benar bermanfaat dari pelatihan UMKM bersama Labamu apalagi aplikasi kita memang gratis. Kita targetnya 1000 UMKM hari ini target kita ada 125, dan ternyata lebih dari 125, sudah dikurang 15 pelatihan yang dilakukan secara tatap muka dan juga secara online lebih dari totalnya bisa lebih dari 20 pelatihan lah.” Ujar Ikhwan Sitorus selaku PR dan Networking Laba Kita Bersama.

Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan UMKM yang berlangsung di gedung Creativ Hub Jl. Laswi No. 7 Kota Bandung ini juga berkolaborasi dengan platfrom pajak UMKM dan mengundang Balatkop Provinsi Jawa Barat serta HIPPI Kabupaten Bandung. Ketua umum HIPPI Kabupaten Bandung dan PLH. Ketua HIPPI Jawa Barat pun mengapresiasi kegiatan ini.

“Luar biasa buat Labamu terimakasih atas kolaborasi sinerginya dengan HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) dan ini menjadi suatu hal pelatihan yang berpendayaan yang baik untuk para UMKM. Karena, saat ini UMKM dibutuhkan sekali untuk pelatihan terutama masalah pembuatan laporan keuangan untuk membuat bagaimana mereka bisa mengatur explo dan lain-lain, saya apresiasi bagus untuk acara ini.” Ujar Andri Juandi selaku Ketua umum HIPPI Kab. Bandung / PLH. Ketua HIPPI Jawa Barat.

“Tentunya kami menyambut baik dan mengapresiasi terselenggara ini karena saya memang dapat membantu UMKM yang di jawa barat. Khususnya itu juga sebagai kedepannya dapat dimanfaatkan juga oleh khalayak umum jadi memang sangat baik terus juga kami berharap kegiatan ini memang dapat berlangsung utamanya pelatihan dan pemberdayaannya, dapat berlangsung sampai berkelanjutan untuk penguatan UMKM itu tersendiri.” Ujar Ravi Wisesha sebagai Kepala UPTD P3W, Dinas Koperasi dan usaha kecil Provinsi Jawa Barat.

“Aplikasi Labamu ini setelah saya ikuti pematerian hari ini, kebetulan saya sebagai lulusan anak akuntansi yang dimana, pasti hafal ataupun lalu berkutik dibagian keuanganan yang dimana, saya pun sendiri merasa tertarik dengan dengan aplikasi ini. Selain itu, sangat mudah untuk digunakan dalam transaksi apapun dan juga mungkin fitur gratis, lalu dimana bukan kalangan kalangan muda saja nih tapi kalangan orang tua pun cukup mudah.” Ujar Robithoh Muliati Raka sebagai Peserta / Pengusaha UMKM.

Pelatihan dan pemberdayaan UMKM rumah BUMN Bandung di Ranah Digital bersama Labamu merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan para pelaku usaha UMKM di Indonesia.

Tonton via Vidio.com

Tonton via Youtube