Kecamatan Batununggal Berani (Bekerja Untuk Melayani) 2021
3 mins read

Kecamatan Batununggal Berani (Bekerja Untuk Melayani) 2021

Jurnalis.or.id – Kota Bandung, Kecamatan Batununggal adalah salah satu kecamatan yang berada di Kota Bandung, Secara geografis Kecamatan Batununggal memiliki wilayah datar berombak sebesar 100 persen dari total keseluruhan wilayah ditimjau dari kemirigan tanah Kecamatan Batununggal berada pada ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Secara keseluruhan luas Kecamatan Batununggal mencapai 526847 hektar yang digunakan untuk perumahan penduduk, jalur hijau, sarana peribadatan, sarana pendidikan, sarana kesehatan, kantor pemerintahan, dan lain sebagainya.

Kecamatan Batununggal memiliki jumlah penduduk sebanyak 110816 yang terdiri dari Laki-laki sebanyak 55300, Perempuan sebanyak 5559 dan WNA sebanyak 7 orang yang tersebar di delapan kelurahan, 83 Rw, dan 547 Rt.

Kelurahan Gumuruh memiliki jumlah 12 Rw, dan 88 Rt. Kelurahan Maleer memiliki jumlah 12 Rw dan 71 Rt. Kelurahan Cibangkong memiliki jumlah 13 Rw dan 82 Rt. Kelurahan Kacapiring memliki jumlah 9 Rw dan 49 Rt. Kelurahan Kebonwaru memiliki jumlah 8 Rw dan 67 Rt. Kelurahan Kebon Gedang memiliki jumlah 8 Rw dan 50 Rt. Kelurahan Samboja memiliki jumlah 11 Rw dan 69 Rt. Kelurahan Binong memiliki jumlah 10 Rw dan 72 Rt.

Batas wilayah Kecamatan Batununggal sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Cibeunying kidul, Selatan Kecamatan Bandung Kidul, Barat Kecamatan Lengkong, dan Timur kecamatan Kiaracondong.

Kecamatan Batununggal memiliki tiga sarana kesehatan yaitu Puskesmas Gemuruh, Puskesmas Ahmad Yani dan Puskesmas Ibrahim adjie.

Kecamatan Batununggal memiliki sarana pendidikan diantaranya Taman kanak-kanak dan Sekolah Dasar Slamer Riyadi yang berada di Kelurahan Cibangkong, Sekolah Menengah Negeri 4 yang berada di Kelurahan Samboja, dan Sekolah Menengah Kejuruan PU yang berada di Kacapiring.

Kecamatan Batununggal memiliki sarana peribadatan diantaranya Masjid Trans Studio Bandung yang berada di wilayah Kelurahan Cibangkong, Gereja HKBP yang berada di wilayah Kelurahan Kacapiring.

Selain itu Kecamatan Batununggal pun memiliki berbagai bangunan dan gedung lainnya diantaranya DPRD Kota Bandung, Gedung Kreatif hub, Transtudio Bandung, Dinas perhubungan, Dinas pemadam Kebakaran, Taman Kiara Artha Park, flyover Lasi, flyover Pelangi, dan flyover Jakarta Supratman.

Kecamatan Batununggal memiliki berbagai fasilitas diantaranya ruang pelayanan, ruang klasifikasi, ruang tamu, ruang commad center, ruang mushola, ruang perekaman KTP, ruang aula, Gedung pasamuan, tempat parkiran, toilet dan lainnya.

Dimasa pandemi Kecamatan Batununggal menerapkan aturan dan protokol kesehatan yang berlaku. Berbagai kegiatan Kecamatan Batununggal diantaranya boron sawo, dan Kampung Rajut yang berada di Kelurahan Binong, kegiatan TPS3R yang berada di Kelurahan Maleer.

Kegiatan vaksinasi, jumlah total vaksinasi di Kecamatan Batununggal dosis pertama mencapai 62513 atau 61,35 persen, dosisi kedua mencapai 5349 atau 5241 persen pertengah 10 Desember dan juga total vaksinasi khusus difabel dosis pertama mencapai 283 orang atau 60,86 persen, dosis kedua mencapai 207 orang atau 44,52 persen pertama 10 Deseber.

Kegiatan permelajaran tata muka salah satunya yang dilaksanakan SMP Aisyiyah yang berada di Kecamatan Gumuruh. Jumlah PTN yang dilaksanakan di Kecamatan Batununggal pada tahap pertama sebanyak delapan sekolah dan tahap kedua sebanyak 58 sekolah.

“Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat datang di Kecamata Batununggal dengan inovasi kolaborasi dan sinergitas semoga Kecamatan Batununggal kedepan dapat memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat wilayah Kecamatan Batununggal dengan moto Batununggal berani bekerja untuk melayani.”Ujar Drs. Tarya, M.AP selaku Camat Batununggal.

Tonton via youtube