IKAN UUD 1945, FKBN JABAR GELAR PEMBEKALAN BELA NEGARA DAN PELATIKAN
3 mins read

IKAN UUD 1945, FKBN JABAR GELAR PEMBEKALAN BELA NEGARA DAN PELATIKAN

jurnalis.or.id – Kota Bandung, Implementasikan undang-undang dasar 1945 FKBN Jabar gelar pembekalan bela negara dan pelantikan forum kader bela negara provinsi Jawa Barat mengadakan kegiatan pelantikan pengurus badan koordinator wilayah dan pembekalan serta deklarasi forum kader bela negara Provinsi Jawa Barat masa bakti 2022-2027.

Kegiatan yang digelar pada Jumat 3 Juni 2022, ini diawali dengan pembekalan yang diisi oleh pemateri dari perwakilan Kementrian Pertahanan Republik Indonesia kodam 3 Siliwangi Polda Jawa Barat badan Kesbangpol provinsi Jawa Barat dan instansi terkait, pembekalan ini bertujuan agar para kader bela negara dapat lebih taat hukum dan taat konstitusi yang merupakan salah satu implementasi bela negara selain itu juga diharapkan mampu membantu program dari kementrian pertahanan dalam rangka mensosialisasikan nilai-nilai bela negara di tengah masyarakat.

”Kita berharap teman-teman di Bakorwil forum kader bela negara Jawa Barat bisa membantu program dari Kementrian Pertahanan dalam rangka mensosialisasikan nilai-nilai bela negara di tengah masyarakat dan saya punya harapan tidak hanya menanamkan nilai-nilai bela negara tapi juga mengimplentasikan seperti tadi yang sudah disampaikan dari beberapa narasumber bahwa bela negara ini konteks nya tidak hanya angkat senjata atau militer bagaimana kita sebagai warga negara taat hukum, sebagai warga negara kita menjalankan kewajiban kita tanggung jawab kita taat konstitusi itu adalah merupakan implementasi bela negara.” Ujar Angga Rahadian Tirta wijaya selaku Kepala Badan Koordinator Pusat Forum Kader Belanegara.

”Mungkin untuk bela negara ini supaya kehidupan dalam berbangsa dan bernegara dan membuat supaya ideologi kita itu jangan sampai hilang sampai bermacam-macam dan untuk supaya istilahnya bukan bela negara itu bukan diartikan kalo dulu dalam artian perang tapi untuk sekarang bela negara itu kita menjaga kondusifitas menjaga situasi dan kondisi daerah juga udah masuk bela negara juga.” Ujar Ganjar selaku Kasubid. Penanganan Konflik dan Pengawasan Lembaga/ Orang Asing, Bakesbangpol Prov. Jawa Barat.

Setelah pembekalan acara pun dilanjutkan dengan pelantikan pengurus FKBN Bakorwil Jawa Barat yang dipimpin langsung badan koordinator pusat forum kader bela negara.

”Forum kader Jawa Barat bisa mulai berkiprah khususnya dalam rangka sosialisasi tentang bela negara kenapa bela negara inilah hak dan kewajiban setiap warga sesuai undang-udang dasar 45 dan undang-undang nomor 23 tahun 2019 tentang BSDN jadi supaya setelah dilantik ini konslidasi kemudian kegiatan yang positif terutama berkoordinasi dengan beda dengan organisasi massa lainnya supaya kita sinergi.” Ujar Mayjen TNI (PURN) Adi Surdyanto selaku Kepala Satuan Pengawas (KASAT) FKBN Pusat.

Kegiatan pelantikan yang digelar di Aula Satatariksa Rindam 3 Siliwangi Jln.Gudang Utara Nomor 9 kota Bandung Jawa Barat ini dihadiri oleh perwakilan dari beberapa badan koordinator daerah kota dan Kabupaten se Jawa Barat serta para kader bela negara.

”Didalam pelantikan FKBN provinsi Jawa Barat ini termasuk saya sebagai sekjennya alhamdulillah walaupun saya sudah lebih tua namun semangat abah tetap maju untuk NKRI harga mati.” Ujar Nadia Iskandar selaku Sekretaris Wilayah FKBN Bakoril Jawa Barat.

Diharapkan pelantikan ini dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan undang-undang dasar 1945 bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dari kota Bandung Jawa Barat tim liputan ismart media mengabarkan.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube