GELAR SENI BUDAYA CIMAHI SUKSES TUTUP TAHUN 2018 DENGAN RAIHAN REKOR ORI
3 mins read

GELAR SENI BUDAYA CIMAHI SUKSES TUTUP TAHUN 2018 DENGAN RAIHAN REKOR ORI

jurnalis.or.id – Kota Cimahi, Gelar seni budaya Cimahi sukses tutup tahun 2018 dengan raihan rekor ORI, sekaligus syukuran penerimaan budaya 2018 dan Soft Lounching Batik Aksara Gentra Pamitran.

“Ini adalah satu acara rangkaian dan dimulai dari syukuran penerima anugerah Kota Cimahi 2018, kita juga di sini digabungkan dengan Lounching Batik Aksara pertama di Indonesia yaitu batik aksara. Untuk peserta yang hadir khususnya di DSB itu adalah seluruh seniman dan budayawan Kota Cimahi, kita juga kedatangan dari Original Rekor Indonesia yaitu untuk mencetak rekor ORI batik aksara. Terus kita juga kedatangan dari Kadisbudparpora Kota Cimahi, harapan saya produk Batik Aksara Gentra Pamitran atau batik aksara bisa lebih diperkenalkan lagi kepada anak muda.” Ujar Tari selaku Penggagas acara.

“Dari perkembangan di Cimahi ya khususnya dari kegiatan aksara ya, ini kayaknya kurang begitu diminati oleh kaum muda-mudi apalagi ya anak-anak sekarang kan sudah hampir tidak ngeh lagi lah terhadap aksara. Makanya ini sebagai pengenalan kembali daripada Aksara Sunda Buhun yang hadir di sini itu dari seniman-seniman yang terikat dalam wadah Dewan Kesenian Kota Cimahi, Dewan Kesenian Budaya dan Budaya Kota Cimahi.” Ujar Mang Ujang Laip selaku Pupuhu Gentra Pamitran.

Kegiatan yang digagas oleh Dewan Seni Budaya Kota Cimahi ini berhasil memecahkan rekor ORI batik aksara dengan tipe ratupakuan pertama di Indonesia yang memiliki panjang 3meter dan panjang 1,5meter.

“Rekor batik aksara dengan tipe carakan dan ratupakuan di Indonesia panjang 3 meter lebar 1,5 meter ini sah sebagai batik pertama dengan tulisan aksara sunda carakan ratupakuan terbesar di Indonesia. Harapan kami setelah adanya kegiatan ini batik aksara dengan tipe carakan dan ratupakuan dan juga tipe lainya yang ada di sunda khususnya dan seluruh Indonesia seperti Pulau Jawa, Pulau Bali dan sebagainya akan dikenal luas di Indonesia hingga mancanegara.” Ujar Guruh Susanto selaku Ketua Tim Original Rekor Indonesia

Acara yang dihadiri oleh 500 para seniman dan budayawan serta Kadisparpora Kota Cimahi ini juga diisi oleh berbagai pagelaran seni diantara nya tarian, musik etnik, dongeng, dan lainnya.

“Tanggapan kami dari pemerintah daerah Kota Cimahi dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga sangat mengapresiasi atas inisiatif dari Dewan Seni Budaya menggelar seni dan budaya berkaitan dengan tasyakur. Alhamdulillah ini menjadi menambah kekayaan budaya Cimahi terutama berbicara batik itu ya, rekor ini alhamdulilah menunjukkan dan membuktikan bahwa di Kota Cimahi ini ada banyak sekali potensi, potensi baik seni budaya maupun produk-produk tekstil dalam hal lainnya untuk batik ini, kami berharap para seniman dan budayawan itu dapat menjadi berekspresi menjadi tuan rumah di negeri sendiri, Kota Cimahi sendiri, sehingga tercipta kemandirian dari para seniman atau budayawan untuk mengekspresikan dan juga melestarikan seni budaya yang ada di Kota Cimahi.” Ujar Budi Raharja selaku Kadisbudparpora Kota Cimahi.

Diharapkan dengan terselenggarakannya acara ini produk batik aksara bisa diperkenalkan pada generasi penerus bangsa.

Tonton via vidio.com

Tonton via youtube